Jumat, 28 Maret 2014

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

  • PENGERTIAN KOMUNIKASI
Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat yang menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

  • JENIS-JENIS KOMUNIKASI


1. Komunikasi Verbal
    Yang terdiri dari :
  1. Vocabulary (perbendaharaan kata-kata): Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dan dapat di mengerti dalam berkomunikasi.
  2. Racing (kecepatan) : Komunikasi akan lebih efektif dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat bisa di bilang ya sedang-sedang aja
  3. Intonasi : suara akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
  4. Singkat dan jelas : Komunikasi akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti dan di pahami 
2. Komunikasi Nonverbal
   Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi non verbal memberikan arti pada komunikasi verbal.
    Yang terdiri dari :
  1. Ekspresi wajah : Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang.
  2. Gerak isyarat : yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan selama berbicara. biasa di gunakan bagi mereka yang gagu 

3. Komunikasi Intrapribadi
Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalahkomunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Misalnyaberpikir.

4. Komunikasi Antarpribadi
Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung.

5. Komunikasi Kelompok (Kecil)
Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang (small-group communication). Kelompok sendiri merupakan sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuanbersama, saling mengenal satu sama lain

6. Komunikasi Publik
Komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang (khalayak), yang tidak bisa dikenali satu persatu.

7. Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan  yang  lebih  besar  dari  komunikasi  kelompok


  •  ARTI PENTING KOMUNIKASI

 Komunikasi itu penting bagi kehidupan sehari-hari karena dari situlah kita mendapatkan berbagai informasi dari luar atau dalam. karena manusia itu makhluk sosial maka itu manusia tidak lepas dari berkomunikasi.

  • KOMUNIKASI EFEKTIF
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 70% dari waktu bangun kita digunakan untuk berkomunikasi. Mulai dari bangun tidur, interaksi dengan anggota keluarga. beraktivitas diluar rumah juga melibatkan komunikasi. Di tempat kerja, kita berkomunikasi dengan rekan kerja, konsultasi dengan atasan, koordinasi dengan klien dan lain sebagainnya.

Syarat-Syarat komunikasi efektif : 
  1. Kontak Mata
  2. Ekspresi Wajah
  3. Postur Tubuh
  4. Selera Berbusana 
  • IMPLIKASI MANAJERIAL
1. Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
2.  Implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.
Jadi implikasi manajerial memiliki arti Proses Pengambilan Keputusan Partisipatif Dalam Organisasi manajerial yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar